Find Instructor
Book a Class
News

Pre-Natal Pilates

Berolahraga pada saat masa kehamilan sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Akan tetapi, sangatlah penting dalam memilih olahraga dan instruktur yang tepat yang mengerti perubahan fisiologi si ibu hamil dan tau cara memberikan program yang cocok. Pre-natal Pilates adalah salah satu olahraga pilihan yang banyak memberikan benefit untuk tercapainya kebugaran dan kesehatan selama masa kehamilan. 

Berikut adalah beberapa benefit yang didapatkan dalam melakukan Pre-Natal Pilates:

  1. Dapat membantu dalam mengatasi kenaikan berat badan. Masa kehamilan bukanlah waktu yang tepat untuk melakukan diet ketat. Oleh karena itu asupan gizi dan olahraga yang seimbang dapat membantu untuk mengatasi kenaikan berat badan yang berlebihan
  2. Dapat membantu meringankan rasa letih yang berlebihan
  3. Membantu untuk menjaga atau menambah pengencangan otot, kekuatan otot dan stamina
  4. Memperbaiki postur selama kehamilan
  5. Dapat membantu tidur agar lebih lelap
  6. Mengurangi sakit pinggang dan keluhan buang air kecil yang terlalu sering
  7. Mengurangi resiko pengentalan darah, penampakan varicose veins, bengkak dan keram pada kaki
  8. Dapat membantu memperbaiki suasana hati/mood, body image dan mengurangi resiko depresi paska kehamilan

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan Instruktur ketika melatih olahraga pada masa ini adalah kestabilan ibu hamil. Pada saat hamil, keseimbangan yang menyanggah struktur panggul dan tulang belakang akan berkurang. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk memberikan posisi yang dapat mengurangi keseimbangan ibu hamil karena dapat membahayakan. Selain itu, penting untuk memperhatikan pernapasan yang baik dan efisien pada saat melakukan olahraga. Pilates adalah salah satu olahraga yang sangat memperhatikan cara bernapas yang baik dan benar. Sering kali, kita menahan napas pada saat latihan susah dan berat. Menahan napas dapat mengurangi peredaran oksigen di dalam tubuh, menambah detak jantung dan tekanan darah, Ketiga kondisi ini sangat tidak ideal terutatama untuk ibu hamil. Karena bayi dalam kandungan dapat mengalami kekurangan oksigen dan juga mendapatkan tekanan saat si ibu menahan napas. Holding stretches ataupun perengangan otot secara statis juga tidak dianjurkan karena pada saat ini terutama di bagian bagian tertentu, wanita secara alami mengalami penambahan hormon relaxin di dalam tubuh. Apabila melakukan stretching yg berlebihan, maka justru dapat membahayakan struktur yang sudah compromised.

Masih banyak hal-hal penting lainnya yang harus diperhatikan saat memberikan program latihan kepada ibu hamil. Maka dari itu, sangat dianjurkan agar selain memilih olahraga yang tepat, ibu hamil juga memilih Instruktur yang tepat yang sudah mempelajari Pre-Natal Pilates agar dapat memahami perubahan fisiologi di setiap tahap kehamilan dan mengerti cara-cara atau guidelines yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada saat melakukan exercise. 

Oleh:

Laurentia Kavriani

Merrithew Instructor Trainer (STOTT Pilates & TotalBarre)

Related News

Apr

10

Pilates for Runners

Pilates for Runners

Pilates adalah olahraga low impact yang memberikan tekanan minimum ke badan kita sedangkan lari adal...

Apr

04

Flat Foot

Flat Foot

Flat foot yang flexible banyak terjadi di anak kecil dikarenakan banyaknya jaringan lemak pada saat ...

Mar

20

Dry Needling

Dry Needling

Apakah itu dry needling ? Dry needling adalah metode rehabilitasi medis menggunakan jarum padat u...